Keamanan dan Privasi dalam Cloud Computing

Cloud computing merupakan sebuah inovasi di bidang teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Ada banyak sekali platform berbasis cloud yang ready to use tanpa perlu menyiapkan infrastruktur maupun harus membeli lisensi terlebih dahulu, misalnya aplikasi social media seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, dan lain sebagainya. Selain itu, juga masih ada berbagai platform untuk kebutuhan bisnis seperti collaboration tools berbasis cloud dan media penyimpanan. Maka dari itu, sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk segera mengimplementasikan teknologi cloud ke dalam bisnisnya. 

Namun salah satu hal yang menjadi kekhawatiran dalam pengimplementasian cloud dalam bisnis ini adalah mengenai keamanan data. Proses implementasi cloud yang melibatkan data dan informasi penting perusahaan kedalam sistem cloud itu sendiri kadang menimbulkan perasaan khawatir diakibatkan oleh rasa tidak percaya kepada layanan provider penyedia cloud. Pasti berbagai pertanyaan dan keraguan hadir seperti misalnya, “Apakah data-data perusahaan saya benar-benar aman dan ditangani oleh pihak yang tepat?” Dalam implementasi cloud ini sendiri memang berarti seorang pemilik bisnis akan ‘menyerahkan’ dan mempercayakan penyimpanan dan perlindungan data-data serta informasi rahasia perusahaannya kepada pihak penyedia layanan cloud. Sehingga sangat penting untuk memilih penyedia layanan yang benar-benar tepat dan dapat dipercaya. 

Memang rasa khawatir pasti ada jika suatu saat pihak penyedia cloud memiliki masalah keamanan, sehingga dapat menyebabkan privasi menjadi masalah yang kritis. Maka dari itu, untuk memilih provider penyedia layanan cloud yang benar-benar aman dan dapat dipercaya harus melalui beberapa pertimbangan sebelumnya.

Jadi, mengapa keamanan dan privasi dalam cloud penting?

Cloud Storage

Cloud storage merupakan media penyimpanan data dan informasi user dalam sebuah media penyimpanan berbasis internet. Cloud storage memiliki kelebihan akses data yang mudah dimanapun dan kapanpun asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. Cloud storage sangat memudahkan user dalam menyimpan data jika dibandingkan dengan penyimpanan data secara tradisional yang masih menggunakan hardisk eksternal. Dimana tentunya masih harus dibawa kemana saja Anda pergi jika ingin mengakses data di dalamnya.

Salah satu kelebihan lain cloud storage adalah dapat dengan mudah request penambahan storage kepada penyedia layanan cloud. Harganya juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan terus membeli hardisk eksternal yang tentunya memiliki limit storage dan usia penggunaan device

Media penyimpanan dalam cloud (cloud storage) ada yang gratis (free to use), dan ada pula yang berbayar. Tentunya untuk fitur-fitur layanan cloud yang gratis lebih terbatas jika dibandingkan dengan versi berbayar. Dari sisi kapasitas penyimpanan itu sendiri, layanan penyimpanan cloud berbayar dapat lebih diadjust besarnya sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menggunakan beberapa platform gratis yang telah disediakan berbagai provider sebagai media penyimpanan sekaligus collaboration tools. Misalnya saja Google Drive, Dropbox, dan lain sebagainya. Namun akan lebih baik apabila menggunakan layanan yang berbayar, karena selain besarnya storage yang dapat di adjust sesuai kebutuhan, juga lebih minim resiko corrupt/hilang akibat data yang terlalu penuh dalam storage yang terbatas. 

Pentingnya Keamanan dan Privasi dalam Cloud

Seperti yang kita ketahui, cloud computing berkaitan erat dengan privasi dan keamanan data. Kedua hal tersebut sangat penting, mengingat teknologi cloud merupakan media penyimpanan berbasis internet, tentu resiko hacking dan pencurian data akan tetap ada. Disisi lain, cloud memudahkan pekerjaan, membuatnya fleksibel karena dapat diakses dari mana saja, serta biayanya yang lebih affordable jika dibandingkan dengan teknologi penyimpanan secara tradisional. 

Cloud merupakan layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu/perusahaan yang tentunya berbeda satu sama lain. Teknologi cloud ini juga memberikan keuntungan pada sebuah bisnis untuk tidak memikirkan masalah serta biaya pemeliharaan infrastruktur, serta berfokus pada pengembangan bisnis. 

Namun salah satu kekurangan cloud ini adalah resiko pencurian data dan tindakan cyber crime lainnya yang dapat merugikan. Hacker akan menyerang sistem yang paling mungkin menyimpan data sensitif klien, dan cloud merupakan target utamanya. Itulah alasan mengapa penyedia layanan cloud harus terus meningkatkan berbagai tindakan pengamanan pada sistem cloud mereka. Ada banyak cara yang dapat dilakukan penyedia layanan cloud untuk meminimalisir resiko ini. Beberapa diantaranya adalah terus meningkatkan keamanan jaringan / networking, infrastruktur, menggunakan Firewall, SSD, mengaplikasikan beberapa end-to-end security protection dan mengupdate anti virus, serta beberapa tindakan perlindungan lainnya.

Dari sisi user, juga dapat membantu mendukung keamanan data ini dengan cara membuat akun yang aman dengan password yang unik, memiliki password yang berbeda-beda untuk masing-masing akun yang berbeda, rutin atau secara berkala mengganti password, selalu log out jika menggunakan gadget bersama, dan tidak menggunakan koneksi internet dari public area atau jaringan yang tidak terpercaya.  

Privasi Data

Perlindungan data adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam privasi data. Jutaan pengguna tentunya telah menggunakan dan mengintegrasikan cloud dalam perusahaannya. Itu artinya jutaan pengguna tersebut juga telah menyimpan data-data penting mereka dalam sistem cloud. Dimana hal ini menjadi sebuah prioritas untuk mengamankan setiap data dan informasi yang disimpan. Dalam penyimpanan cloud, data akan selalu didistribusikan ke berbagai perangkat penyimpanan seperti server, PC/komputer, perangkat seluler/smartphone, dan lain sebagainya. Proses perpindahan data ini yang menjadikan privasi data menjadi rentan. Informasi pribadi masing-masing user bisa saja berada dalam resiko diretas. 

Kerahasiaan data dapat dilakukan melalui dua sisi, yaitu dari provider dan pengguna itu sendiri. Selalu lakukan protokol keamanan akun, seperti menggunakan otentikasi dua faktor, tidak menyimpan apalagi memberikan password kepada sembarang orang, dan beberapa standar keamanan lainnya. 

Keamanan Data

Penyimpanan data pada komputasi awan (cloud computing) memiliki beberapa fungsi dan keunggulan. Beberapa diantaranya adalah aksesibilitas yang mudah ke berbagai platform cloud melalui jaringan internet. Sehingga akan lebih mudah mengerjakan berbagai hal sekaligus dalam satu waktu. Dalam kasus beberapa perusahaan yang telah menggunakan cloud, perusahaan tersebut memiliki beberapa privilege seperti bisa berkonsultasi mengenai layanan cloud selama 24/7 kepada provider penyedia layanan yang dipilih. Ketika pemeliharaan dan pengelolaan sistem telah dihandle dengan baik oleh penyedia cloud, maka ‘tugas’ perusahaan bisa lebih ringan dengan berfokus pada kemajuan dan perkembangan bisnis, serta melakukan strategi rencana bisnis perusahaan. 

Melihat dari penggunaannya yang efisien dan berkelanjutan, cloud telah menjadi tools yang sangat penting bagi bisnis yang sedang berkembang. Selain itu, cloud juga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh individu maupun skala kecil dalam kehidupan sehari-hari. Cloud dapat diakses dengan mudah, efektif, berkinerja tinggi, dengan harga yang terjangkau. Jadi dapat dipahami jika banyak orang telah mempercayakan keamanan data-data mereka pada sistem cloud. Namun tetap harus diingat tentang menambah sistem keamanan dan privasi data supaya resiko pencurian data dapat diminimalisir. 

Penting untuk mempercayakan layanan cloud pada penyedia yang benar-benar telah terpercaya. Tentunya tim IT provider cloud lebih andal dan profesional dalam menangani keamanan sistem yang mereka miliki. Tim IT professional cloud provider akan memastikan sistem dapat berjalan dengan baik dan tanpa kendala untuk kelancaran kebutuhan cloud Anda. 

Cloud Raya merupakan layanan public cloud terbaik dan dapat dipercaya untuk bisnis Anda. Cloud Raya dapat digunakan untuk bisnis skala kecil / startup, hingga bisnis dengan skala besar. Semua kebutuhan bisnis dapat diakomodasi dengan baik melalui layanan-layanan Cloud Raya. Ada berbagai paket layanan Cloud Raya yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Tentunya semua layanan Cloud Raya ini pay as use atau biaya yang ditanggung benar-benar sesuai dengan layanan yang digunakan. Tim Cloud Raya sangat memperhatikan kebutuhan customer, bagi kami, kebutuhan customer adalah yang utama. Silahkan cek website Cloud Raya untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan cloud yang paling cocok bagi Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud